Home » , , » Kenapa kulit bayi Saya berwarna kuning saat lahir?

Kenapa kulit bayi Saya berwarna kuning saat lahir?



Bunda, saat lahir terkadang kulit bayi memang tampak berwarna kuning. Bayi kuning atau istilahnya Jaundice ini umum terjadi, warna kuning pada kulit bayi disebabkan oleh kadar bilirubin yang tinggi. Bilirubin adalah senyawa hasil pemecahan sel darah merah, yang dikeluarkan melalui plasenta. Seharusnya bayi bisa mengeluarkannya sendiri disaat lahir, Jika tidak, maka akan terjadi penumpukan Bilirubin di dalam tubuh bayi sehingga terjadi Hiperbilirubin.Bayi bisa dikatakan mengalami Jaundice jika dalam usia kurang dari 24 jam, kadar bilirubinnya 12 mg/dl. Untuk kadar bilirubin 12 mg/dl, dianggap normal jika bayi sudah berusia 3 hari.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya bilirubin. Pertama, biasanya terjadi pada bayi yang lahir prematur, karena pada kondisi tersebut bayi belum siap mengekskresi bilirubin dengan efektif. Kedua, bayi yang sulit menyusu atau ASI bunda belum keluar sehingga menyebabkan kekurangan cairan. Ketiga, bayi yang mengalami kelainan hati sehingga tidak bisa memecah sel darah merah. Penyebab yang keempat adalah bayi yang mempunyai rhesus darah berbeda dengan bundanya, antibodi yang dihasilkan sang bunda menghancurkan sel darah merah bayi hingga menyebabkan naiknya kadar bilirubin dalam darah bayi.

Written by : Tanya Bunda Team - About Me

Sharing mengenai semua hal yang berkaitan dengan Bunda, mulai dari Bunda yang sedang hamil, menyusui, ataupun yang anaknya sudah sekolah. Apapun bisa di share disini, kita sama-sama belajar.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news