Home » , , , , » Bolehkan memberikan empeng pada si kecil?

Bolehkan memberikan empeng pada si kecil?



Bunda, empeng atau istilah lainnya adalah dot / pacifier, sebagian bayi sangat tergantung pada benda ini. Sampai saat ini manfaat empeng masih menjadi perdebatan di kalangan ahli, ada yang pro dan kontra. Agar adil, kita sampaikan alasan dari kubu yang pro dan yang kontra terhadap empeng.

Pro:
Empeng dapat melindungi bayi dari SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) yaitu sindrom kemaitan mendadak pada bayi, karena dengan empeng membuat jalur nafas tetap terbuka. Empeng dapat menenangkan bayi yang rewel. Empeng dapat menjadi pengalih perhatian bayi sejenak, misalnya ketika imunisasi. Menghentikan kebiasaan menghisap empeng lebih mudah dibandingkan kebiasaan menghisap jari.

Kontra:
Jika diberikan sejak awal, empeng dapat mempengaruhi cara bayi menyusui. Bayi juga akan sangat tergantung pada empeng, tertutama saat menginginkan rasa nyaman sebelum tidur. Pemakaian empeng dalam jangka panjang, dapat mempengaruhi dan mengakibatkan masalah gigi-geligi. Kebiasaan mengempeng sampai usia diatas 1 tahun dapat menghambat pertumbuhan gigi depan atau bahkan tumbuh tidak normal.

Written by : Tanya Bunda Team - About Me

Sharing mengenai semua hal yang berkaitan dengan Bunda, mulai dari Bunda yang sedang hamil, menyusui, ataupun yang anaknya sudah sekolah. Apapun bisa di share disini, kita sama-sama belajar.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news